5 Jenis Makanan Berlemak Tinggi yang Harus Anda Makan Lebih Banyak

Wednesday, March 28th, 2018

Mulai hari ini mari kita kampanyekan bahwa makanan dengan lemak rendah secara resmi berakhir! Tahukah jika ternyata ada lebih dari selusin makanan berlemak tinggi yang bisa dan harus Anda nikmati sebagai bagian dari makanan sehat Anda? Selama ini pasti Anda telah berhenti makan banyak makanan dengan lemak tinggi karena mengira mereka buruk bagi kesehatan dan berat badan Anda, konsumsi kapsul ikan gabus protabumin juga dapat membantu daya tahan tubuh anda.

Ternyata telah ada banyak bukti yang menunjukkan dengan jelas bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan kaya lemak sehat seperti kacang-kacangan, minyak nabati, dan ikan memiliki efek perlindungan, terutama untuk penyakit kardiovaskular. Makanan-makanan tersebut juga membantu Anda menyerap sejumlah vitamin, memberikan rasa kenyang sehingga Anda makan lebih sedikit, dan memiliki rasa yang enak.

Jenis – jenis Lemak

Sebelum Anda berkenalan lebih lanjut dengan lima jenis makanan berlemak tinggi yang wajib dikonsumsi, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu bahwa lemak datang dalam berbagai bentuk, termasuk:

Lemak Tak Jenuh memiliki ciri sebagai berikut; cair pada suhu kamar dan umumnya dianggap sebagai zat yang menyehatkan jantung. Bisa ditemukan pada tanaman seperti kacang, biji, minyak sayur, dan makanan laut.

Lemak Jenuh, ciri-cirinya yaitu padat pada suhu kamar dan bisa ditemukan pada makanan hewani, seperti daging dan mentega, serta kelapa dan minyak sawit. Sering dianggap tidak sehat untuk jantung Anda, tetapi penelitian tidak begitu jelas. Ahli Gizi dari St. Paul, Minn, Brianna Elliott, RD justru menyatakan bahwa tidak semua lemak jenuh buruk, beberapa sumber sebenarnya baik untuk tubuh kita.

Lemak Trans merupakan jenis lemak cair dibuat padat melalui proses yang disebut hidrogenasi. Ditemukan pada makanan gorengan, makanan panggang, dan makanan ringan olahan. Jenis lemak ini lah yang harus dihindari karena merupakan salah satu penyebab rusaknya kesehatan jantung.

5 Makanan Berlemak Tinggi Wajib Dikonsumsi

Berikut adalah 5 makanan berlemak tinggi yang tetap baik untuk dikonsumsi demi meningkatkan kesehatan Anda.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak sehat yang asli. Sebuah badan penelitian menemukan bahwa minyak zaitun membantu menurunkan risiko Anda untuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Baru-baru ini, periset Spanyol yang mempublikasikan di jurnal Molecules melaporkan bahwa berbagai komponen minyak zaitun termasuk asam oleat dan secoiridoids melindungi tubuh Anda pada tingkat sel untuk memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang paling banyak, pilih minyak zaitun extra-virgin, karena diekstraksi dengan menggunakan metode alami dan tidak melalui banyak pengolahan yang bisa merusak zat-zat di dalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun juga lebih kaya akan antioksidan daripada yang direbus. Bonusnya, rasa makanan yang ditumis dengan minyak zaitun juga lebih enak! Meski begitu Anda perlu tahu bahwa semua lemak relatif tinggi kalori dan satu sendok makan minyak zaitun memiliki sekitar 120 kalori.

  1. Ikan

Anda mungkin pernah mendengar ibu atau nenek Anda menggambarkan ikan sebagai makanan otak. Itu karena hewan laut ini penuh dengan asam lemak omega-3, yang penting untuk fungsi otak. Otak Anda terdiri dari sebagian besar lemak, jadi Anda perlu mengkonsumsinya agar tetap tajam dan sehat. Banyak pakar diet merekomendasikan untuk makan 8 ons ikan per minggu untuk mendapatkan jumlah yang sehat dari asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Semua zat tersebut memberi makan otak Anda dan melawan peradangan dan penyakit kronis. Jika Anda khawatir tentang merkuri, pilih salmon, teri, sarden, tiram Pasifik, ikan trout, dan makarel Atlantik dan Pasifik.

  1. Alpukat

Alpukat menyediakan banyak manfaat menakjubkan bagi kesehatan. Alpukat mampu membantu menurunkan peradangan, yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah studi tahun 2014, sebuah tim peneliti Meksiko memberi makan sekelompok tikus dengan banyak gula, yang memberi mereka gejala sindrom metabolik, termasuk gula darah tinggi, kolesterol, dan trigliserida. Mereka kemudian diberi makan minyak alpukat, hasilnya kadar trigliserida dan LDL/kolesterol jahat dalam darah mereka turun.

Alpukat selain mampu menjaga kadar kolesterol HDL tetap utuh, Anda perlu mengkonsumsinya agar tubuh Anda bisa menyerap vitamin A, D, E, dan K yang larut lemak. Untuk cara terbaik, makanlah salad sehingga Anda bisa menuai manfaat dari semua sayuran itu. Jangan lupa untuk menjaga asupan kalori secara keseluruhan; satu alpukat mengandung sekitar 320 kalori. Cara mudah untuk mendapatkan dosis yang baik adalah dengan membuat roti panggang alpukat, yang dapat berfungsi sebagai sarapan lengkap, camilan, makan siang atau bahkan makan malam yang mudah.

  1. Telur

Penelitian menemukan bahwa makan telur di pagi hari dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga akan membantu Anda untuk lebih mudah menahan nafsu menghabiskan kue-kue yang tersimpan manis di dalam toples di atas meja kerja Anda. Telur dari ayam betina yang dibesarkan di padang rumput atau diberi pakan omega-3 diperkaya cenderung mengandung omega-3 yang lebih tinggi.

  1. Cokelat Hitam

Selama bertahun-tahun, mungkin Anda membeli cokelat sekedar sebagai hiburan. Sekarang Anda perlu tahu bahwa sepotong cokelat hitam baik dikonsumsi  harian karena merupakan sumber lemak sehat yang sebenarnya melindungi jantung. Periset dari Louisiana State University melaporkan bahwa ketika Anda mengonsumsi cokelat hitam, mikroba usus yang baik seperti Bifidobacterium dan bakteri asam laktat bekerja dengan baik di atasnya dan mereka tumbuh dan mengfermentasinya, yang menghasilkan senyawa anti-inflamasi yang melindungi kesehatan kardiovaskular Anda.

Siapa yang sangka ternyata rasa manis dari cokelat hitam juga bisa membuat Anda langsing. Satu studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang-orang yang makan cokelat lima kali seminggu memiliki BMI lebih rendah dan beratnya sekitar 6 pon lebih ringan daripada mereka yang tidak makan apapun. Jadi jangan takut lagi makan cokelat!

Kelima jenis makanan di atas hanyalah sebagian kecil makanan berlemak tinggi yang baik Anda konsumsi setiap hari. Tentu saja masih banyak lagi jenis lainnya. Yang terpenting ketika menyantap makanan dengan lemak yang tinggi, selalu perhatikan juga kalori yang akan didapat oleh tubuh, sehingga Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Selamat menjalani hidup sehat!