6 Jenis Ikan Bergizi Tinggi Yang Ekonomis

Wednesday, March 28th, 2018

Ikan termasuk alternatif sumber protein hewani terbaik selain telur. Jenis ikan bergizi tinggi baik dikonsumsi anak-anak maupun dewasa, dari jenis ikan air tawar maupun laut, selain ikan kutuk yang bisa diekstrak albuminya untuk menjadi kapsul ikan gabus protabumin. Daging ikan yang bertekstur lembut dengan rasa yang gurih ini, membuat siapapun senang memasak dan memakannya.

Seluk Beluk Tentang Jenis Ikan Bergizi Tinggi

Beberapa ikan favorit harganya cukup mahal seperti salmon, hering, tuna dan salem. Keempat ikan tersebut menjadi favorit restoran dan para koki dalam mengolahnya menjadi masakan penggugah selera.

Beberapa jenis ikan bergizi tinggi merupakan biota akuatik (air) yang sudah dimanfaatkan sejak jaman purba hingga modern. Manusia yang tinggal di sekitar perairan terbiasa menjadikan biota air ini sebagai komoditi utama perekonomian.

Zat Gizi yang Terkandung Pada Jenis Ikan Bergizi Tinggi

Apa yang terkandung dalam biota akuatik ini? Kandungan gizi ikan adalah protein sebagai kandungan utama, lalu ada vitamin, lemak,  selenium, karbohidrat, kalsium, magnesium dan asam lemak omega-3. Kandungan protein ikan pada umumnya sebesar 20% dari gizi keseluruhan.

Selain protein dan beberapa zat gizi, juga mengandung eicospentaenoat acid atau EPA (20:5n-3) dan dekosaheksaenaat acid atau DHA (22:6n-3) yang tersimpan pada asam lemak omega 3. Kedua zat tersebut, EPA dan DHA terbukti penting dan teridentifikasi bermanfaat bagi kesehatan. Nilai gizi yang terdapat pada setiap jenis ikan bergizi tinggi biasanya diukur dari kandungan EPA dan DHA-nya. Keduanya memiliki manfaat dan khasiat masing-masing.

EPA yang merupakan asam lemak tak jenuh berkhasiat menurunkan tekanan darah dan lemak netral dalam cairan darah serta kekentalan cairan darah yang dapat merusak otak dan jantung. EPA juga memperlebar saluran darah, mencegah pergeseran cairan darah atau, mencegah kegemukan karena menekan bertambahnya sel-sel lemak, meningkatkan HDL(high densiry lipoprotein) sebagai kolesterol baik, menekan LDL (low density lipoprotein) sebagai kolesterol jahat yang dapat mencegah penyakit jantung.

Sedangkan fungsi DHA adalah mengaktifkan sel-sel otak, menurunkan kepekatan kolesterol dalam cairan darah, pencegah kanker, memperlambat proses penuaan dan kepikunan, mencegah pergeseran cairan darah sehingga mencegah pergeseran pembuluh darah.

10 Jenis Ikan Bergizi Tinggi

Kebanyakan orang lebih mengenal salmon sebagai ikan bergizi tinggi, yang mengandung DHA dan EPA yang tinggi. Namun selain salmon ada beberapa ikan lain yang memiliki gizi tinggi pula. Berikut ini adalah 10 jenis ikan bergizi tinggi selain salmon yang mengandung nutrisi ikan yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak si kecil. Ke-10 jenis ikan tersebut adalah:

  1. Ikan Mujair

Selain ekonomis, bergizi tinggi, serta baik untuk kesehatan, ikan ini berciri khas bau lumpur. Kandungannya adalah protein dan lemak omega 3, serta sodium, selenium, kalium, dan fosfor. Ikan ini di sebagian tempat disebut juga dengan nila.

  1. Ikan Kembung

Termasuk jenis ikan bergizi tinggi yang mengandung asam lemak omega 3 lebih tinggi disbanding salmon. Pada setiap 100 gram ikan kembung terdapat 2,2 gram omega 3 serta 18 gram protein, juga vitamin A, B1, D, E, dan vitamin C, kalsium, zat besi serta fosfor. Selain harganya ekonomis, biasa dijual segar atau berbentuk pindang. Dalam 100 gr ikan kembung juga terkandung sekitar 21,3 gr protein,125 Kkal energi, 2,2 gr karbohidrat dan lemak 3,4 gr.

  1. Ikan Mas

Favorit restoran-restoran berciri khas Sunda yakni pepes ikan mas. Pada setiap 100 gram ikan mas ini, rata-rata terkandung protein sebanyak 16 gram, juga mengandung kalsium, lemak, dan zat besi. Selain jenis ikan bergizi tinggi, ikan ini termasuk bahan makanan yang dapat diolah ke dalam  berbagai menu kreasi, tapi Anda harus waspadai duri halusnya.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah sederet nama ikan dengan kandungan omega 3 tinggi, seperti salmon dan hering.  Pada setiap 100 gram ikan tuna terdapat 1,2 gram omega 3. Ikan tuna juga kaya protein dan mengandung kalium, selenium, serta vitamin B.

  1. Ikan Lele

Lele seperti halnya mujair memiliki khas bau lumpurnya, namun tetap dicari dan digemari orang. Ikan yang cukup populer di Indonesia ini mengandung gizi tinggi, berupa lemak, omega 3, vitamin C, A, dan B kompleks, juga fosfor,  kalsium, natrium, magnesium, seng, dan natrium. Agar kandungan gizi tersebut tidak hilang, Anda harus mengetahui dengan baik cara memasaknya.

  1. Ikan Bandeng

Meski berduri halus namun memiliki citarasa gurih dan tak mudah hancur ketika dimasak. Cara terbaik menyiasati duri-duri halusnya maka masaklah dengan panci bertekanan tinggi, sampai duri menjadi lunak. Seperti juga lele dan mujair, maka bandeng juga memiliki sedikit aroma berlumpur. Pada 100 gr bandeng terdapat 123 kkal energi, 4,8 gr lemak dan 20 gr protein, dan tanpa karbohidrat.

Nah itulah 6 jenis ikan bergizi tinggi yang ekonomis namun menyehatkan tubuh.