Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Wednesday, March 28th, 2018
daya tahan tubuh

Secara keseluruhan, sistem kekebalan Anda melakukan pekerjaan luar biasa untuk mempertahankan Anda melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Tapi terkadang gagal: Kuman menyerang dengan sukses dan membuat Anda sakit. Mungkinkah melakukan intervensi dan melakukan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda? Selain tentu saja dengan rutin mengkonsumsi kapsul ikan gabus protabumin diartikel ini anda akan menemukan tips bermanfaat.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Gagasan untuk meningkatkan imunitas Anda merupakan bahasan yang menarik, namun kemampuan untuk melakukannya terbukti sulit dipahami karena beberapa alasan. Kekebalan tubuh merupakam sebuah sistem, bukan satu kesatuan. Agar berfungsi dengan baik, dibutuhkan keseimbangan dan harmoni. Masih banyak yang peneliti tidak tahu tentang seluk-beluk dan keterkaitan respon kekebalan tubuh. Untuk saat ini, tidak ada hubungan langsung antara gaya hidup dan fungsi kekebalan tubuh yang terbukti secara ilmiah.

Tapi bukan berarti efek gaya hidup pada sistem kekebalan tubuh tidak menggelitik dan sebaiknya tidak dipelajari. Periset mengeksplorasi efek diet, olahraga, usia, tekanan psikologis, dan faktor lain pada respon kekebalan tubuh, baik pada hewan maupun pada manusia. Sementara itu, strategi hidup sehat secara umum adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang terbaik.

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang bisa kita coba lakukan sehari-hari.

  1. Cukup tidur dan hindari stres. Kurang tidur dan stres yang berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol, peningkatan hormone ini secara berkepanjangan dapat menekan fungsi kekebalan tubuh.
  2. Hindari asap rokok. Ini merusak pertahanan kekebalan dasar dan meningkatkan risiko bronkitis dan pneumonia pada semua orang, dan infeksi telinga tengah pada anak-anak.
  3. Hindarilah alkohol. Konsumsi alcohol secara berlebihan merusak sistem kekebalan dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi paru-paru.
  4. Makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah penelitian pada orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran meningkatkan respons antibodi terhadap vaksin Pneumovax, yang melindungi terhadap Streptococcus pneumonia.
  5. Pertimbangkan probiotik. Studi menunjukkan suplemen mengurangi kejadian infeksi saluran pernapasan dan gastrointestinal. Produk susu fermentasi juga telah terbukti mengurangi infeksi pernafasan pada orang dewasa dan anak-anak.
  6. Tangkap beberapa sinar. Sinar matahari memicu produksi vitamin D pada kulit. Di musim panas, paparan selama 10-15 menit (minus tabir surya) sudah cukup. Namun, di atas 42 derajat lintang (Boston) dari November hingga Februari, sinar matahari terlalu lemah dan sedikit makanan mengandung vitamin ini. Tingkat vitamin D rendah berkorelasi dengan risiko infeksi pernafasan yang lebih besar. Sebuah studi 2010 pada anak-anak menunjukkan bahwa 1.200 IU sehari suplemen vitamin D mengurangi risiko influenza A. Namun, sebuah studi 2012 yang melibatkan suplementasi orang dewasa dengan kanker usus besar dengan 1.000 IU sehari gagal menunjukkan perlindungan terhadap infeksi saluran pernapasan bagian atas.
  7. Konsumsi bawang putih. Bawang putih adalah agen antimikroba spektrum luas dan pendorong kekebalan tubuh. Karena panas menonaktifkan bahan aktif utama, maka cara paling tepat yaitu dengan menambahkan bawang putih ke makanan sebelum disajikan.
  8. Makan jamur obat, seperti shiitake dan maitake (kadang dijual sebagai “hen of the woods”). Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak shiitake yang terkonsentrasi meningkatkan fungsi kekebalan pada wanita dengan kanker payudara.
  9. Cobalah ramuan kekebalan tubuh yang mendukung. Jika Anda mengalami infeksi berulang, pertimbangkan untuk mengonsumsi herbal yang mendukung kekebalan tubuh seperti eleuthero (Eleutherococcus senticocus), ginseng Asia (Panax ginseng), ginseng Amerika (Panax quinquefolius), atau astragalus (A. membranaceus).
  10. Melakukan terapi uap. Hal ini bagus untuk dimiliki ketika virus pernapasan membanjiri pertahanan Anda. Caranya pun cukup mudah; rebus air hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam baskom. Tambahkan beberapa tetes minyak air putih ke dalamnya, lalu perlahan hirup uap dari air panas tersebut. Terapi uap ini terbukti efektif untuk melegakan pernafasan sehingga bisa masuk sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga teratur adalah salah satu pilar hidup sehat. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, membantu mengendalikan berat badan, dan melindungi terhadap berbagai penyakit. Tapi apakah olahraga termasuk cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara alami dan tetap sehat? Sama seperti diet sehat, olahraga dapat berkontribusi pada kesehatan umum yang baik dan oleh karena itu secara tidak langsung bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Hal ini mungkin berkontribusi lebih jauh lagi dengan mempromosikan sirkulasi yang baik, yang memungkinkan sel dan zat sistem kekebalan tubuh berpindah ke tubuh secara bebas dan melakukan pekerjaan mereka secara efisien. Jadi, jika Anda ingin selalu sehat, pastikan untuk selalu menjaga asupan makanan, lakukan olahraga secara teratur dan libatkan diri Anda dalam aktivitas-aktivitas gaya hidup yang sehat.