Ini Dia Daftar Sayuran yang Mengandung Lemak

Wednesday, March 28th, 2018

Mentega, minyak, makanan yang digoreng dan daging sudah dipastikan memiliki jumlah lemak yang bervariasi. Namun ternyata beberapa sayuran pun mengandung lemak. Jumlah lemak dalam sayuran jika dibandingkan dengan lemak dalam makanan yang tinggi kalori tentu saja jumlahnya berbeda. Anda harus mempelajari daftar sayuran yang mengandung lemak agar mampu menilai asupan lemak yang Anda butuhkan secara akurat, jangan lupa rutinlah mengkonsumsi kapsul ikan gabus

Kebutuhan Lemak Nabati

Lemak yang ditemukan dalam sayuran akan membantu Anda memenuhi kebutuhan lemak secara keseluruhan dengan cara yang sehat. Tidak seperti produk daging yang dapat memiliki lemak jenuh dalam jumlah besar, lemak yang paling banyak ditemukan pada sayuran adalah lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda. Anda membutuhkan minimum 20 persen kalori dari lemak setiap hari, dan para ahli kesehatan menyarankan mengonsumsi maksimum 35 persen kalori dari lemak setiap hari. Setiap gram lemak mengandung sembilan kalori.

Pada diet 2.000 kalori, lemak 35 persen sama dengan 700 kalori atau 65 gram lemak. Misalnya, sarapan Anda mungkin mengandung 12 gram lemak, makan siang 26 gram, dan makan malam 27 gram. Batasi asupan lemak jenuh harian hingga 20 gram, dan dapatkan sisa 45 gram dari lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang sehat.

Lemak dianggap sebagai lemak nabati jika berasal dari sumber nabati bukan berasal dari hewan. Sayuran yang mengandung lemak nabati biasanya sehat karena mereka datang dalam bentuk lemak tak jenuh. Namun ada juga beberapa lemak nabati, seperti lemak trans, tidak sehat dan harus dihindari sebisa mungkin. Makan sayuran dengan lemak nabati yang sehat sebagai pengganti lemak jenuh dan lemak trans dalam diet Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda tanpa meningkatkan kolesterol Anda.

Jenis-jenis Sayuran yang Mengandung Lemak

Hampir semua pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung lemak. Bagi Anda yang sangat memperhatikan berat badan atau pemantauan kesehatan jantung sangat perlu memahami nilai gizi sayuran untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat. Secara umum, makan lebih banyak sayuran sambil mengurangi asupan daging merah, junk food dan makanan tinggi lemak lainnya memfasilitasi penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda merasa kebingungan jenis sayuran apa saja yang mengandung lemak, berikut ini adalah daftar yang akan membantu Anda.

  1. Kacang Polong, Kacang Tanah, dan Kacang-kacangan Lainnya

Kacang polong, lentil dan jenis kacang-kacangan lainnya mengandung lemak. Kedelai mengandung lemak paling banyak di antara keluarga kacang-kacangan. Satu cangkir kedelai yang dimasak memiliki 11,52 gram, atau 41 persen kalori dari lemak. Lemak dalam kedelai adalah 90 persen lemak sehat, dan sekitar 1 persen lemak jenuh. Kacang merah memiliki 1,54 gram lemak per cangkir, kacang hitam memiliki 0,9 gram lemak dan kacang panjang Great memiliki 0,8 gram dalam 1 cangkir yang dimasak. Dimakan lentil memiliki 0,8 gram lemak per cangkir, dan 1 cangkir kacang polong dimasak memiliki rata-rata 0,6 gram lemak. Kacang polong, lentil, dan kacang-kacangan mengandung banyak lemak jenuh, sementara sebagian besar lemak berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

  1. Sayuran Hijau

Kebanyakan sayuran hijau mengandung sedikit lemak. Kubis hanya memiliki 0,07 gram lemak per cangkir, atau 3 persen dari 18 kalori. Kembang kol dan brokoli keduanya memiliki sekitar 0,3 gram lemak per cangkir, yaitu sekitar 10 persen dari total kalori mereka. Lemaknya lebih dari 90 persen lemak sehat, dan hanya sedikit lemak yang berasal dari lemak jenuh. Bayam, collard hijau dan lobak hijau semua mengandung lemak, dengan bayam memiliki 0,12 gram per cangkir, dan hijau memiliki sekitar 0,17 gram per cangkir. Secangkir zucchini yang dicincang dan tidak dikupas memiliki 0,4 gram lemak, dimana 75 persennya adalah lemak sehat, dan 25 persen berasal dari lemak jenuh. Secangkir mentimun memiliki 0,12 gram lemak.

  1. Sayuran Lainnya

Tomat memiliki sejumlah kecil lemak. Secangkir tomat cincang hanya memiliki 0,36 gram lemak. Lemak dalam tomat berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Jagung dan kentang putih, baik sayuran bertepung memiliki 2,23 gram dan 0,21 gram per porsi, masing-masing. Labu memiliki 0,18 gram lemak, dan 1 cangkir labu masak memiliki 0,17 gram lemak. Lemak pada sayuran bertepung ini terutama berasal dari lemak sehat, membuat semuanya baik, pilihan bergizi.

Meskipun sayuran cenderung rendah lemak, beberapa diantaranya mengandung jumlah gula yang relatif tinggi. Jika Anda memiliki kandungan gula darah yang tinggi, hati-hati dalam mengonsumsi asupan sayuran manis ini. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sayuran yang mengandung lemak, Anda harus menggunakan metode memasak yang sehat. Makanan gorengan dan yang dimasak dengan minyak kelapa sawit atau kelapa mengandung kadar lemak tinggi yang menurunkan nilai gizi buah dan sayuran.