Manfaat Buah Naga Paling Populer. Apa Saja Ya?

Wednesday, March 28th, 2018

Dua jenis buah naga, baik yang merah ataupun putih, keduanya berdampak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi secara rutin diketahui bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Terbukti bahwa buah jenis kaktus-kaktusa ini banyak mengandung zat dan vitamin di dalamnya. Terdapat manfaat buah naga yang telah diketahui umum. Apa saja ya?

Kandungan dan Manfaat Buah

Terdapat kurang lebih 10 manfaat buah naga, yang bisa Anda ketahui. Agar manfaat dari kandungan buah ini bisa terakumulasi dengan baik, bisa dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Ada dua pilihan cara mengonsumsi buah naga, yakni dimakan langsung dalam keadaan segar, maupun diolah menjadi jus atau diolah menjadi makanan lainnya. Yang jelas bagaimanapun cara Anda mengonsumsinya, buah ini memiliki efek positif pada tubuh Anda. Selanjutnya manfaat buah naga ini akan mudah dimengerti apabila telah mengetahui macam-macam gizi apa yang terkandung pada buah naga ini.

Di beberapa daerah tropis dan subtropis, sebut saja Amerika Selatan dan juga di kawasan Asia, buah yang satu ini memiliki perkembangan dan tumbuh berlimpah. Seperti namanya, kulit bagian luar buah naga itu mirip dengan tanaman kaktus, memiliki sisik yang menyerupai kulit naga pada suatu mitos yang berkembang.

Terdapat 20 jenis gizi yang utama dan baik bagi tubuh yang terdapat pada buah naga. Gizi buah naga ini diukur dengan AKG (Angka Kecukupan Gizi) melalui prosentase kandungannya dalam setiap per 100 gram. Ke-20 jenis gizi penting itu adalah: Air sekitar 87 g (kaya air), nilai AKG protein sebesar 2,1% pada 1,1 gr, lemak sekitar 0,4 g (praktis tanpa lemak), nilai AKG karbohidrat sebesar 3,4% pada 11,0 gr, nilai AKG serat sekitar 12% dari 0,04 mg (dengan kandungan serat tinggi),  thiamine pada vitamin B1 nilai AKG sebesar 2,7% pada 0,04 gr, riboflavin pada vitamin B2 nilai AKG sebesar 2,9% dari 0,05 mg, niacin pada vitamin B3 nilai AKG sebesar 0,8% pada 0,16 mg, Ferum pada besi nilai AKG 0,8%  dari 0,16 mg, kandungan ascorbic acid pada vitamin C sebesar 20,5 mg (kaya akan air), kalsium (Ca) nilai AKG sebesar 0,9% pada 8,5 mg (kandungannya tiga kali lebih besar dari wortel).

Buah naga berkalori rendah seperti halnya buah kiwi. Dengan kandungan 50 kal/100 gr. Buah naga juga mengandung cukup antioksidan, mineral, vitamin, serta kandungan serat yang baik bagi kesehatan.

Beberapa manfaat buah naga tersebut adalah:

  1. Senyawa fitokimia, phytochemical antioksidan serta phytoalbumin terkandung pada biji buah. Ini bermanfaat untuk nafsu makan, berfungsi juga sebagai pencahar, dan baik untuk kesehatan rambut serta kulit.
  2. Vitamin C  mengandung antioksidan yang baik; terdapat 8 – 9 mg per 100 g atau sebesar 12-15% dari DR. DR merupakan saran asupan yang baik sehari-hari. DR dapat berguna bagi tubuh dalam mempertahankan ketahanan tubuh melawan pembawa infeksi, serta mengikis radikal bebas.
  3. Karoten yang terkandung pada vitamin A bersifat antioksidan. Karoten ini penting bagi kesehatan mukosa, penglihatan, kulit tubuh, serta kanker pada rongga mulut.
  4. Beberapa mineral yang terkandung misalnya: mangan, fosfor, magnesium dan besi. Mangan sangat baik sebagai co-factor antioksidan yang kuat,  enzimnya berguna sebagai superoksida dismutase. Mineral magnesium menjadi penguat tulang, sama pentingnya dengan kalsium.

Manfaat Buah Naga Bagai Kesehatan Tubuh

Manfaat buah naga sebagai pertahanan kesehatan tubuh sangat beragam. Manfaat buah tropis keluarga kaktus-kaktusan ini adalah:

  1. Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan serat, karoten, beberapa vitamin dan asam folatnya berguna bagi tubuh serta perkembangan janin. Caranya adalah dengan mengonsumsi teratur, dengan cara dijus.

  1. Pendeteksi Boraks dan Formalin

Buah naga bisa berguna sebagai penguji kandungan boraks atau formalin di dalam makanan. Caranya adalah dengan mencampur ekstrak buah naga dengan air, sebagai tempat pencelup makanan yang akan diuji.

  1. Perawatan Gigi

Jus buah naga dapat mengantisipasi permasalahan pada gigi. Buah tropis ini mengandung kalsium serta fosfor yang tinggi.

  1. Pelancar Sistem Pencernaan

Belum banyak yang mengetahui bahwa buah naga mampu mengatasi masalah pencernaan. Penyebabnya adalah vitamin B1 serta serat buah naga yang tinggi kandungannya. Kedua zat tersebu mudah larut, terlebih bila dijus. Manfaat lainnya juga mengatasi penyumbatan yang terjadi pada usus.

  1. Kesehatan Mata

Seperti halnya wortel, manfaat buah naga lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata karena kandungan betakaroten. Cara mengeksplorasi betakaroten terbaik dengan membuat jus wortel dipadu dengan buah naga yang  kemudian diminum teratur.

Buah Naga, Manfaat dan Efek Samping

Setelah membahas lima manfaat utama, manfaat buah naga lainnya adalah: memperkuat tulang dari kerapuhan dan mencegah kram, mencegah peradangan, menjaga ion tubuh dan stamina, mengurangi kelumpuhan otot, menjaga kelembaban kulit serta kesehatan syaraf. Itulah beberapa manfaat buah naga yang populer.

Artikel menarik lainya : Kapsul Ikan Gabus Terbaik