Pentingnya Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Wednesday, March 28th, 2018

Tabukah membicarakan masalah ibu hamil? Jawabnya tentu saja, tidak! Sebenarnya meskipun Anda sedang tidak hamil, bukan tabu mempelajari masalah kesehatan ibu hamil. Dalam kehidupan sehari-hari besar kemungkinan Anda bertemu atau melihat seorang ibu yang tengah hamil. Banyak hal bisa digali ketika memahami kerepotan ibu hamil. Sekalipun masalahnya hanya berkutat pada persoalan kesehatan saja, tetapi banyak hal unik yang muncul dalam aktifitas keseharian seorang ibu hamil.

Kesehatan Ibu Hamil – Mengontrol Asupan Makanan

Seorang ibu yang hamil biasanya memiliki kebutuhan makan yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini merupakan kewajaran, dikarenakan ibu hamil memang berbadan dua; sehingga yang membutuhkan makanan dan asupan gizi adalah dua orang.

Bagaimana halnya dengan mitos tentang ngidam yang biasa Anda dengar? Fenomena ngidam ini biasa dialami oleh seorang ibu hamil. Namun apakah ketika seorang ibu hamil gagal memperoleh makanan yang diidamkannya, maka akan berpengaruh pada kesehatan ibu hamil? Rasanya tidak! Karena biasanya jenis makanan yang diidamkan pun bukan dari jenis makanan sehat dan aman bagi ibu hamil. Contohnya adalah keinginan untuk minum minuman yang berkarbonasi.

Minuman berkarbonasi yang biasa disebut softdrink sangat umum dikonsumsi berbagai lapisan masyarakat. Sayangnya, seorang ibu hamil biasanya akan tergoda dengan jenis minuman berkarbonasi ini, karena faktor kesegarannya. Disebut minuman berkarbonasi karena terdapat gas karbondioksida (CO2), selain itu juga terkandung zat aditif (pemberi citarasa), air, pemanis atau pemanis buatan, zat pewarna, kafein dan asam fosfat.

Pada wanita hamil, kandungan zat karbonasi itu pada kadar tertentu akan membahayakan. Sehingga sekalipun dengan alasan faktor ngidam tadi, tetap harus dikontrol pada saat mengonsumsinya. Dan yang paling penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah mengontrol makanan yang masuk serta menjaga pola makan yang teratur, dan perbanyak makanan yang bergizi.

Kesehatan Ibu Hamil – Olahraga Ringan

Pada saat hamil biasanya seorang Ibu mengalami perubahan kejiwaan juga selain perubahan fisik. Seperti bercampur aduknya perasaan yang aneh-aneh, emosional, sensitif dan sebagainya.Namun Ibu hamil tetap perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan Ibu hamil, karena itu olahraga ringan yang dapat disarankan adalah senam yoga.

Senam yoga untuk ibu hamil selain sebagai upaya menjaga kesehatan, juga bertujuan untuk melatih kesabaran selama menjalani masa kehamilan tersebut. Senam yoga bagi kehamilan merupakan teknik tersendiri yang melibatkan gerakan fisik yang lembut dan dipadukan dengan teknik pernafasan. Fungsinya adalah merelaksasikan otot juga pikiran yang tensitasnya tinggi selama kehamilan.

Kegunaan lain mengikuti senam yoga bagi ibu hamil juga bisa mengurangi lebam-lebam biru yang biasa muncul di persendian tangan dan kaki. Yoga juga membantu Ibu hamil mempersiapkan fisik ketika menghadapi proses kelahiran. Ketika melahirkan, dan Ibu diharuskan mengedan, maka senam yoga begitu berguna mengatur pernafasan saat harus melakukan pengejanan ketika menghadapi persalinan normal.

Kesehatan Ibu Hamil – Melakukan Hubungan Intim

Apakah seorang ibu yang hamil lantas menjadi alasan baginya untuk terhenti memperoleh kebutuhan biologis? Jawabnya adalah tidak. Lalu apa sih makna dari berhubungan intim itu sendiri bagi ibu hamil. Berhubungan intim bisa didefinisikan sebagai suatu komunikasi lahiriah yang menjadi media pernyataan kasih serta intimasi suatu pasangan resmi.

Pada saat sepasang suami istri melakukan hubungan intim, yang terjadi sebenarnya adalah lepasnya oksitosin akibat rangsangan yang dirasakan wanita. Oksitosin tersebut menimbulkan perasaan yang menyenangkan, terasa lebih baik, santai nyaman dan bahagia. Mungkin saja ini terjadi pada pasangan dengan Ibu yang sedang tidak hamil. Lalu bagaimana dengan seorang Ibu hamil, apakah kebutuhan untuk merasa senang dan nyaman itu menjadi hilang? Tidak! Justru seorang Ibu hamil biasanya memiliki kebutuhan untuk melepaskan oksitosin itu lebih besar. Sehingga tidak ada halangan bagi seorang Ibu hamil untuk tetap melakukan hubungan intim.

Pada prinsipnya, hubungan intim pada seorang Ibu hamil apabila dilakukan secara sehat, pastilah akan berdampak baik juga bagi kesehatan Ibu hamil. Penjelasan ini lebih diperkuat oleh pendapat Paul Pearsall, Ph.D., penulis buku Superimmunity. Dalam bukunya dijelaskan bahwa aktivitas seks pada pasangan pasutri yang saling mencintai, akan membantu membentuk sistem imun tubuh. Karena kondisi yang demikian mampu melancarkan aliran kimiawi alami tubuh.

Beberapa keuntungan dari berhubungan intim secara teratur pada Ibu hamil adalah mampu melancarkan sirkulasi darah, terhindar dari stress, terbebas masalah prostat, menekan kadar kolesterol tubuh, melepaskan toksin secara lancar dari tubuh, menjadikan ibu hamil terlihat cantik dan penuh spirit, serta membuat tubuh rileks dan santai.

Nah! Bagaimana? Sangat menarik bukan mengetahui a sampai z tentang persoalan Ibu hamil. Dan meski bukan Anda yang tengah menjalani kehamilan, tetapi mengetahui ilmu dan segala hal yang berkenaan tentang kesehatan Ibu hamil tidak ada ruginya, bukan?

 

Artikel Menarik Lainya : Kapsul Ikan Gabus