Penyebab Sariawan Di Lidah

Monday, December 10th, 2018
penyebab sariawan di lidah

Banyak penyebab sariawan di lidah karena berbagai faktor, maka dari itu dalam artikel ini akan kita bahas penyebab sariawan di lidah dan juga cara menangani sariawan. Timbulnya sariawan di lidah ini sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa yang tidak enak, sakit dan perih pada area mulut.

Saat terjadi sariawan dapat membuat seseorang menjadi tidak nafsu makan dan dapat mengalami penurunan berat badan karena saat makan dan minum menjadi sakit.

Penyebab sariawan di lidah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena stres, diabetes, infeksi HIV, merokok, kanker, luka di lidah, perubahan hormon saat masa kehamilan, efek dari kemoterapi atau karena aphthous stomatitis (canker sores).

Selain penyebab terjadinya sariawan diatas, penyebab sariawan di lidah juga dapat terjadi akibat dari infeksi di mulut yang disebabkan karena jamur atau dikenal dengan oral thrush. Ciri dari penyakit sariawan ini ialah bentuknya yang seperti luka dan berselaput putih keputihan. Area yang dapat terkenan penyakit sariawan ini ialah di daerah gusi, pipi bagian dalam, amandel hingga sampai didaerah bagian belakang tenggorokan.

 

Cara Mengobati Sariawan di Area Lidah dan Mulut

Sariawan yang tidak disebabkan oleh infeksi jamur dapat membaik dalam waktu beberapa hari saja, namun bila sariawan ini disebabkan oleh infeksi jamur maka dibutuhkan obat anti jamur untuk menghentikan penyebaran jamur agar tidak semakin parah. Obat anti jamur ini dapat berupa obat cair ataupun tablet.

Obat sariawan yang berfungsi untuk menghentikan penyebaran jamur dan sudah dikenal oleh banyak orang ialah clomatrizole, obat ini berbentuk tablet kunyah larut dalam mulut. Selain clomatrizole ada juga obat anti jamur nystatin yang cara penggunaan nya seperti obat kumur yang dibiarkan di dalam mulut lalu di telan. Selain menggunakan obat obat ini, anda bisa juga dengan menggunakan cara perawatan mandiri di rumah anda. Berikut beberapa cara untuk menyembuhkan sariawan tanpa obat ialah:

  • Jangan menggunakan obat kumur

Jangan melakukan hal ini karena untuk menghindari pertumbuhan flora normal mulut, namun bila direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi kondisi tertentu boleh digunakan.

  • Menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari

Menyikat gigi secara teratur ini bertujuan untuk menjaga kebersihan mulut. Bila ingin yakin lebih bersih bisa gunakan dental floss atau benang gigi sekali dalam sehari. Usahakan sering mengganti sikat gigi saat terinfeksi jamur serta hindari menggunakan sikat gigi bersama dengan orang lain baik itu pasangan atau kerabat.

  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Bila saat sariawan anda minum terasa sakit anda bisa menggunakan sedotan untuk meminumnya.

  • Berkumur menggunakan air garam

Cara nya sangat mudah, hanya dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dalam gelas berisi air hangat lalu kumur kumur beberapa saat dan dibuang. Anda dapat melakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

  • Mengkonsumsi yoghurt tanpa pemanis

Mengembalikan tingkat bakteri dalam tubuh anda dapat mengkonsumsi yoghurt yang mengandung lactobacillus acidophilus.

  • Mengurangi makanan yang menagndung gula dan mengandung ragi

Contoh dari makanan ini ialah roti, wine dan juga bir yang dapat mendorong terjadinya perkembangan jamur.

  • Berhenti merokok
  • Jangan menyentuh sariawan karena dapat menggangu proses penyembuhan dan dapat menyebarkan infeksi jamur menyebar

Jangan sekali kali meremhkan sariawan di lidah anda, apalagi jika sariawan itu sudah sangat menggangu, tak kunjung sembuh, semakin membesar, semakin menyebar, tidak kunjung sembuh dalam waktu tiga minggu bahkan bisa lebih, terjadi secara mengulang terus menerus, sudah sangat merasa sakit dan mengalami keadaan demam tinggi lebih baik segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Saat ini memang sudah banyak obat sariawan yang alami yang bisa digunakan, namun pernahkah anda mendengar slogan mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan? Jadi jagalah selalu kesehatan area mulut anda dengan rajin dan teratur dalam menyikat gigi agar sariawan tidak berkesampatan untuk datang menjenguk mulut anda karena jika sariawan hadir di dalam mulut anda, anda sendiri yang akan kesakitan.