Proses Penyembuhan Luka Lebih Cepat dengan Tips Berikut Ini´╗┐
08 Jul 2019

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi mampu meningkatkan proses penyembuhan luka dengan cepat. Itu sebabnya sejak dahulu ditanamkan system makanan 4 sehat 5 sempurna.

Hal tersebut merupakan sebuah konsep makanan sehat yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk masyarakat luas.

Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi makanan pokok seperti nasi, lauk pauk yaitu daging, buah-buahan, sayur mayur dan susu. Namun terkadang pendapat tersebut menuai pro dan kontra.

Sebab mengkonsumsi makanan tersebut tanpa melakukan aktivitas seperti olahraga juga dapat menimbulkan banyak kerugian bagi tubuh.

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan pedoman gizi yang bagus namun juga tetap harus diimbangi dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi tubuh.

WHO juga pernah mengeluarkan piramida makanan yang menempatkan beberapa bahan makanan pada bagian-bagian yang paling dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Paling sedikit dibutuhkan oleh tubuh adalah makanan yang manis dan mengandung minyak seperti gorengan. Sehingga diambil kesimpulan bahwa 60-80% kalori yang dibutuhkan tubuh berasal dari karbohidrat, lalu 30% dari protein dan sisanya didapat dari lemak.

Jangan salah kaprah tentang memahami lemak di sini, karena lemak juga sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Tubuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang agar tubuh tidak mudah jatuh sakit. Dan apabila terluka lebih cepat sembuhnya. Tetapi jarang sekali untuk sekarang ini menemukan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat.

Karena kendala orang-orang di jaman sekarang memang terlalu berat untuk dijalani. Banyaknya godaan warung makan hingga restoran yang menyajikan makanan berlemak tinggi yang lezat mampu mendistrak pikiran sebagian orang.

Kembali pada proses penyembuhan luka yang paling tepat, bisa dimulai dengan apa yang kita konsumsi sebagai langkah awalnya.

KANDUNGAN ALBUMIN PERCEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA

Beberapa bahan makanan dapat mempercepat dalam menyembuhkan luka. Seperti pada makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan albumin pada bahan-bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga mudah ditemukan, antara lain adalah:

  1. Ikan gabus
  2. Putih telur
  3. Ikan salmon
  4. Buah apel
  5. Ikan tuna
  6. Daging sapi
  7. Daging kalkun
  8. Daging kelinci
  9. Brokoli

Dipuncak tertinggi bahan makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat ada pada ikan gabus. Ikan gabus memiliki kandungan albumin paling tinggi dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.

Albumin merupakan salah satu protein yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kandungan albumin pada ikan gabus mencapai 25,5% lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan albumin pada ikan lain. Tubuh manusia membutuhkan asupan albumin untuk mempercepat proses penyembuhan luka, misalnya pasca operasi.

Menyajikan menu ikan gabus pasca melakukan operasi mampu meningkatkan kadar albumin dalam darah yang juga dapat menghindarkan dari beberapa penyakit seperti gagal ginjal dan stroke.

Kekurangan albumin pada tubuh dapat mengakibatkan nutrisi pada organ dalam tidak disalurkan dengan baik ke seluruh bagian tubuh. Beberapa penelitian membuktikan, salah satunya pada penelitian Universitas Hasanuddin, Makassar, bahwa memberikan 2 kg ikan gabus yang sudah dimasak pada pasien pasca operasi dapat meningkatkan albumin dalam tubuh kembali normal. Kemudian dapat menyembuhkan luka lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan rutin.

Kadang ada beberapa luka yang susah mengering dan cepat mengering. Ada juga luka yang yang sudah berhari-hari tak kunjung sembuh juga. Hal ini biasanya disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kebanyakan orang tidak menyadari akan hal ini.

Bahwa makanan sangat berpengaruh besar dalam proses penyembuhan luka. Jika makanan yang dikonsumsi tidak benar maka yang akan terjadi luka tidak akan kunjung sembuh dan susah kering. Namun luka yang susah kering juga menjadi faktor lain seperti memiliki riwayat diabetes.

MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI DAN DIKONSUMSI SAAT TERLUKA

Peran penting makanan adalah mengembalikan bagian yang hilang dalam tubuh untuk kemudian dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Seperti mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh yang memang sangat penting dalam memperkuat bagian-bagian organ dalam tubuh sehingga mampu mempertahankan kondisi tubuh dengan baik.

BERIKUT INI MAKANAN YANG PERLU DIKONSUMSI SAAT SEDANG MENGALAMI LUKA:

  • Ikan Gabus

Daging ikan gabus yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi ini bagus sekali dalam membantu pembentukan sel-sel rusak pada tubuh kemudian membentuk sel-sel baru dalam tubuh. Ini disebabkan ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Luka akan cepat pulih saat rutin mengkonsumsi ikan gabus.

  • Brokoli

Sayuran memiliki banyak varian dan jenisnya. Untuk sayuran berikut ini memang kerap dihindari oleh anak-anak. Tetapi manfaat dari sayuran hijau ini sangat bagus bagi tubuh. Ya, sayuran brokoli ini ternyata memiliki kandungan zat fitonutrien yang tinggi.

Brokoli juga dikenal dengan sifatnya yang menjadi sumber antioksidan. Sifat baik brokoli tersebut ternyata mampu mengatasi peradangan parah hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat jika mengkonsumsi sayuran brokoli.

MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI SAAT TERLUKA DAN DALAM PROSES PENYEMBUHAN LUKA:

  • Gula

Saat sedang dalam proses menyembuhkan luka lebih baik hindari makanan yang mengandung gula tinggi. Karena kandungan gula ternyata mampu meningkatkan kolagen pada kulit. Gula juga mampu merusak sel darah putih dalam menghancurkan bakteri sehingga membuat luka sembuh dengan lama.

  • Rempah-rempah

Masakan tradisional identic dengan rempah aditif yang kuat, misalnya kunyit, lengkuas, jahe, kencur dan lain sebagainya. Ternyata rempah seperti kunyit dan jahe terbukti tidak baik dalam menyembuhkan luka.

Karena akan menghambat proses penggumpalan darah sehingga luka susah untuk mengering. Kemudian mengakibatkan proses penyembuhan luka menjadi lama.

Menyembuhkan luka memang membutuhkan proses tidak bisa langsung instant begitu saja luka menghilang. Selain mengkonsumsi obat, membantu proses penyembuhan luka juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan agar luka lebih sembuh dengan cepat.

Risiko luka mengering terlalu lama memang sering terjadi akibat tidak menjaga pola makan dan bisa jadi karena faktor lain seperti sakit diabetes.

Saat makanan menjadi pengaruh besar dalam proses penyembuhan luka maka yang harus dilakukan adalah memilih makanan yang tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Beberapa bahan makanan seperti seafood yang kaya kandungan zinc di dalamnya juga mampu membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih baik.

Karena kandungan zinc dalam seafood membantu berbagai jenis enzim untuk memproduksi kolagen sehingga dapat menutup luka dan memperbaharui sel-sel baru dalam tubuh lebih cepat terbentuk. Selain seafood ada juga buah lemon yang kaya kandungan vitamin C.

Kadar vitamin C yang tinggi pada buah lemon yang memiliki sifat antioksidan dapat mendampingi proses penyembuhan luka dengan cepat. Tetapi buah lemon yang asam ini tidak baik jika dikonsumsi dalam porsi besar dan dalam kurun waktu yang lama sebab dapat membahayakan kesehatan lambung.