Kapsul Ikan Gabus Protabumin, Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Optimal dan Membantu Proses Penyembuhan

Kapsul Ikan gabus Protabumin merupakan ekstrak albumin yang berasal dari tubuh ikan gabus Albumin adalah jenis protein yang terdapat di dalam darah. Yang lebih tepatnya merupakan salah satu protein utama pada bagian plasma darah yang mempunyai banyak peran di dalam darah manusia. Oleh sebab itu, hal tersebut menjadikan albumin berperan penting dalam struktur plasma di dalam darah yang kemudian dapat difungsikan dengan baik.

Ikan gabus memiliki komposisi kimia di dalam dagingnya yaitu: air, karbohidrat, protein, abu, dan lemak (Jurnal Perikanan IPB, tahun 2014). Kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Ikan ini biasa dijumpai di danau-danau, sungai, rawa-rawa hingga sawah. Ikan gabus biasa memangsa ikan-ikan kecil disekitarnya, terkadang juga memakan serangga dan hewan air lainnya. Sudah banyak diketahui bahwa ikan ini sangat kaya akan kandungan albumin. Albumin adalah salah satu jenis protein penting yang diperlukan tubuh.

Dalam mengatur tekanan osmotic yang ada di dalam darah kemudian difungsikan sebagai yang utama diproduksi oleh organ hati. Sehingga protein yang ada pada albumin ikan gabus diolah oleh organ di hati dan memiliki kandungan normal yang semestinya ada di dalam plasma darah yang hanya mencapai hingga 60%. Di mana albumin dapat diproduksi oleh hati yang kemudian diserap untuk dijadikan protein. Bahwa tubuh manusia memiliki satu kesatuan bagian yang membutuhkan albumin ikan gabus, di mana albumin ikan gabus merupakan satu bagian penting protein yang terdapat pada plasma darah. Perannya adalah untuk melengkapi struktur bagian yang ada di dalam darah.

Albumin sendiri berfungsi serupa dengan protein alami yang sudah diproduksi tubuh kita. Oleh karena itu albumin yang terkandung dalam ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi secara terus menerus. Namun, tidak sembarang usia dapat mengkonsumsi albumin secara rutin. Untuk lebih amannya dapat dikonsultasikan terlebih dahulu.

Apa Sajakah Manfaat Ikan Gabus atau Albumin Untuk Kesehatan?

Keseimbangan pada tubuh kita dikendalikan oleh beberapa kandungan pada ikan gabus, yaitu dapat meningkatkan albumin dalam darah. Disaat tubuh kekurangan cairan maka membutuhkan kandungan albumin untuk meningkatkan air dalam darah yang tertuju pada organ tubuh agar kondisi menjadi normal kembali. Apabila terjadi sebaliknya yaitu kelebihan cairan, maka albumin akan dapat mengeluarkan dan tetap menjaga kadar air dalam tubuh dalam keadaan normal.

Selain menjaga keseimbangan tubuh, ikan gabus yang mengandung albumin tersebut dapat memperbaiki jaringan tubuh. Di mana saat kita mengalami luka, sel-sel yang membutuhkan perbaikan akan terpenuhi pada kandungan ikan gabus tersebut. Setelah itu sinyal yang diarahkan pada system imun akan cepat memperbaiki sel-sel yang rusak. Karena albumin sendiri sering dikaitkan dalam pembentukan sel darah putih atau leukosit, di mana merupakan komponen utama yang ada pada system kekebalan tubuh.

Perbedaan efektivitas yang ada pada ikan gabus pun memiliki bukti nyata, yaitu diuji pada pasca ibu melahirkan melalui operasi ceasar di mana masa penyembuhannya lebih cepat dan efektif (Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, 2015). Dengan begitu manfaat ikan gabus bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Sehingga mampu menjadi obat alami dikala sakit dan sebagai penyeimbang tubuh dikala sehat.

Pada penelitian cross-sectional yang dilakukan bahwa asupan makanan , status gizi, hemoglobin dan albumin pada tubuh, berperan penting dalam penyembuhan luka dan lamanya rawat inap pada pasien yang melakukan bedah digestif (Universitas Hasanudin Makasar, 2012). Karena ikan gabus kaya akan kandungan albumin, maka dari itu albumin menjadi komponen yang penting dalam tubuh. Albumin dapat menjadi penambah nutrisi di dalam tubuh, yang akan menyeimbangkan hormone dan menyalurkannya ke seluruh bagian tubuh. Nutrisi yang didapatkan seperti mineral, bilirubin darah, dan lemak. Serta dapat membantu menyeimbangkan hormone tiroksin dan kortisol.

Hal terpenting yang ada pada albumin ini adalah menjadi media pengikat darah. Bagian sel-sel pada darah akan diikat albumin dengan air, sehingga kandungan cairan akan dimanfaatkan tubuh dengan baik kemudian bentuk darah akan menyerupai cairan. Apabila kekurangan albumin, sel-sel yang ada pada darah akan berisiko terjadi penumpukan yang biasa disebut edema. Dengan mengkonsumsi albumin atau ikan gabus akan membantu pembentukan darah dalam tubuh.

Penelitian lainnya menunjukan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus secara berkala selama 10-14 hari mampu meningkatkan kadar albumin dalam darah mencapai 0,6-0,8 g/dl. Di mana pada penderita ODHA (HIV/AIDS) yang diberikan ekstrak ikan gabus secara rutin mampu meningkatkan kadar albumin dalam darahnya, sehingga dapat menambah berat badan dan daya tahan tubuh akan meningkat (Universitas Hasanudin Makasar, 2015).

Manfaat Albumin Protabumin Ekstrak Ikan Gabus

Protabumin adalah protein albumin yang diekstrak dari ikan gabus. Berfungsi sebagai penyeimbang kekebalan tubuh yang sakit maupun sehat. Manfaat albumin bagi tubuh pun sangat banyak, yaitu dengan membantu mengatur tekanan osmotic yang ada di dalam darah. Hal tersebut dapat membenatu menjaga kandungan albumin dalam keberadaan air di dalam plasma darah, kemudian dapat mempertahankan volume darah yang dibutuhkan atau yang sudah ada di dalam tubuh. Sehingga dengan begitu tidak akan terjadi pembengkakan pembuluh darah.

Manfaat lain dengan mengkonsumsi kapsul Protabumin dari ekstrak ikan gabus ini adalah dapat mencegah gagal ginjal, jantung coroner, kanker, tumor, hepatitis, diabetes militus, asma, stroke hingga penyakit persendian tulang. Tidak hanya itu saja, namun banyak manfaat untuk penyakit-penyakit lainnya.

Protabumin albumin, ekstrak ikan gabus ini dapat dikonsumsi oleh para lanjut usia atau (lansia), anak pada usia pertumbuhan dan anak penderita flek. Untuk para lanjut usia albumin ektrak ikan gabus berfungsi untuk meregenerasi sel yang sudah rusak atau aus. Serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunnitas para lanjut usia (lansia) secara optimal. Pada anak yang kekurangan albumin dapat dibantu dengan protabumin untuk meningkatkan protein dalam darah agar pertumbuhan sel menjadi maksimal.

Kenapa Harus Memilih Protabumin?

Protabumin memiliki kandungan protein albumin yang tinggi, di mana albumin tersebut diekstrak dari ikan gabus terbaik yang ada di perairan Indonesia. Kandungan albumin yang bisa mencapai 21% ini lebih efektif dan aman untuk dikonsumsi. Disamping itu harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan infus serum yang mencapai 1,5 juta itu. Protein albumin yang diekstrak dari ikan gabus terbaik tersebut, memiliki kandungan albumin yang paling tinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin yang lain.

Protein albumin merupakan protein plasma yang terdiri dari beberapa komponen seperti albumin, fibrinogen, dan globulin. Protein albumin adalah protein plasma yang mencapai 60% total protein yang ada di dalam tubuh, dan juga merupakan protein yang sangat berperan untuk menahan cairan agar tetap berada pada pembuluh darah. Pada keadaan normal, bisa mencapai 3 hingga 5 gram albumin di setiap 100 ml darah kita.

Albumin protabumin kapsul dengan ekstrak ikan gabus inilah yang dapat menjadi alternative terbaik untuk kesehatan. Khasiatnya yang sama dengan kadar albumin tersebut membantu menyeimbangkan darah dalam tubuh. Ini merupakan alternative bagi mereka yang membutuhkan albumin untuk kesehatan mereka. Selain menjadi obat penyakit berat degenaritif namun juga dapat dikonsumsi oleh mereka yang sehat supaya lebih sehat dan membantu menjaga ketahanan tubuh.

Referensi:

Jurnal Perikanan, 2014. Institut Pertanian Bogor.

Intan Nugraheni, 2015. Perbedaan Efektivitas Ikan Gabus. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. Solo.

Syahrul Said, 2012. Gizi dan Penyembuhan Luka. Indonesia Academy Publishing. Makasar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Taslim Nurpudji A, 2015. Pengaruh Pemberian Ekstrak Ikan Gabus Terhadap Kadar Albumin dan Status Gizi Penderita HIV/AIDS yang Mendapatkan Terapi ARV. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Makasar.